Yoo Jaesuk VS Park Narae, Siapakah yang akan Merebut Piala Daesang ‘MBC Entertainment Awards’ Tahun Ini?

1

By Ilham R.

Sebentar lagi 3 penghargaan terbesar akhir tahun akan segera tiba. Siapakah yang akan membawa pulang piala kehormatan Entertainer Award, Yoo Jaesuk si ‘Nasional MC’ atau Park Narae si ‘Komedian Nomor 1’? Perhatian publik berfokus pada acara penghargaan MBC Entertainment Awards, dimana Yoo Jaeseok dan Park Narae yang sedang menikmati popularitas mereka akan saling berhadapan untuk merebut piala kehormatan.

Sejak debutnya pada tahun 1991, Yoo Jaesuk telah memenangkan total 13 penghargaan di antara 3 perusahaan penyiaran. Secara khusus, Yoo Jaesuk memimpin acara hiburan populer di Korea Infinite Challenge selama lebih dari satu dekade dan telah memenangkan enam trofi hanya di MBC pada tahun 2006, 2007, 2009, 2010, 2014, dan 2016. Lalu dari SBS ia telah mendapatkan total 5 penghargaan dan 2 penghargaan di KBS. 

Setelah berakhirnya program Infinite Challenge, Yoo Jaesuk yang sudah jarang aktif di MBC tampil dalam program hiburan Hangout with Yoo yang diproduseri oleh Kim Taeho PD yang sebelumnya juga turut andil dalam program Infinite Challenge. Yoo Jaeseok sekali lagi mengukuhkan dirinya sebagai nasional MC.

Pada tayangan perdana Hangout with Yoo yang tayang pada tanggal 27 Juli lalu, Kim PD telah mendapatkan popularitas saat ia memperkenalkan ‘Relay Camera’ sebagai fitur khusus.

Kim telah mendapatkan popularitas saat ia memperkenalkan ‘Relay Camera’ lewat program ini dengan mendapat rating sebesar 4,6% sejak tayangan pertama, dan naik menjadi 8,5% mencatat rekor yang baik hingga kini.

Dalam edisi spesial Yoo Flash, Yoo Jaesuk berkolaborasi bersama musisi-musisi top Korea hingga akhirnya melakukan sebuah pertunjukan solo sebagai seorang pemain drum. Para penggemar program Infinite Challenge di masa lalu bernostalgia dan bertepuk tangan atas upaya baru dan bermakna dari Yoo Jaesuk.

Setelah itu, Yoo Jaesuk menantang kekuatannya sebagai ‘MC Nasional’ melalui edisi khusus BBONG FOR YOU dan menantang dirinya menjadi seorang penyanyi trot. Dia selama ini memamerkan kemampuan menari dan bernyanyinya yang unik melalui program Infinite Challenge, dan hingga akhirnya ia benar-benar menjadi seorang penyanyi trot dengan nama Yoo Sanseul. Dia membuat ‘demam trot’ tahun ini dengan merilis berbagai lagu seperti Redevelopment of Love dan Hapjeong Station Exit No. 5. 

Yoo Sanseul yang lahir melalui program MBC menembus tembok stasiun penyiaran dengan tampil dalam program AM Plaza milik KBS dan Einstein milik SBS. Selain itu ia melakukan busking performance di berbagai tempat seperti di China Town, Incheon dan di depan stasiun Hapjeong Seoul. Ia mendapat respon yang sangat positif dari anak-anak muda hingga orang tua terhadap karirnya sebagai Yoo Sanseul.

Sebelum itu, program Hangout with Yoo mengalami kenaikan rating dari 4,9% ke 7,2% setelah memulai siaran edisi khusus BBONG FOR YOU setiap minggunya dari 2 bulan lalu, selang satu minggu setelah Yoo Flash. Lalu setelah meledaknya BBONG FOR YOU dari Yoo Jaesuk, program Hangout with Yoo dikabarkan akan terus mengalami kenaikan rating. 

Performa Kim Taeho sebagai PD yang luar biasa sudah tidak diragukan lagi, tetapi bisa saja pencapaian seperti ini tidak dapat terjadi jika tanpa perjuangan Yoo Jaesuk.  Hanging with You juga memiliki pengaruh yang dahsyat dan disebut sebagai program solo Infinite Challenge oleh Yoo Jaesuk, bahkan dalam situs portal pencarian nama, hanya nama Yoo Jaesuk saja yang muncul. 

Kembalinya Yoo Jaesuk di MBC menjadi babak baru baginya sebagai ‘The Return of The King.’ Tetapi ada keberadaan rival yang juga tidak kalah kuat darinya. Dialah Park Narae yang sedang naik daun dan mendominasi melalui program I Live Alone, serta program baru MBC Where is My Home.

Bahkan sebenarnya, Park Narae merupakan kandidat yang paling mungkin untuk meraih penghargaan Daesang di Entertainment Awards. Dia selalu memecah gelak tawa dengan performanya yang aktif sebagai komedian. Sayangnya ia harus mengalah dan memberikan Daesang tersebut kepada Lee Youngja dan harus puas dengan memenangkan I Live Alone sebagai Variety Show of The Year. 

Sebelumnya muncul tragedi pada bulan Maret lau pada saat program I Live Alone berjalan dengan baik. Keluarnya Jun Hyunmoo dan Han Hyejin secara alami dari program itu sesaat setelah kabar putus pasangan yang dikenal lewat program ini menyeruak. Jeon Hyunmoo yang awalnya adalah seseorang yang bertanggung jawab atas program itu terpaksa digantikan oleh Park Narae. Lee Shiun yang memiliki pengalaman variety yang lebih banyak dari Kian 84 tampaknya susah untuk menjaga eksistensi dari program ini.

Setelah keluarnya Jun Hyunmoo, ada banyak pembicaraan mengenai program I Live Alone. Khususnya netizen juga ikut bertanya-tanya bagaimana kelanjutan dari program ini, siapa yang akan melanjutkan program ini, dan lain sebagainya. Suasana kekacauan awal mulai terungkap melalui siaran. 

Namun, Park Narae membuat kerja tim yang unik dan menghibur dengan caranya dalam program I Live Alone seperti membuat komentar yang lucu, menunjukkan reaksi, dan menampilkan chemistry yang menghibur bersama anggota lainnya seperti Lee Shiun, Sunghoon, Hwasa, dan Gian 48. Dengan hasil tersebut, I Live Alone berhasil mempertahankan posisi rating dengan tetap sebesar 9-10%. 

Park Narae juga memimpin siaran Where is My Home yang tayang perdana 3 Maret lalu. Program ini menjadi unggulan di hari Minggu malam karena menunjukkan lelucon yang khas dan kemajuan yang stabil. Lalu program MBC Video Star yang sudah berjalan lebih dari 3 tahun bisa populer bisa dikatakan berkat peran yang besar dari Park Narae.

Aktif daripada siapa pun di berbagai stasiun TV, Park Narae memperlihatkan kinerja yang luar biasa khususnya di MBC. Sepertinya kini tidak berlebihan jika menyebutnya sebagai representatif dari kalangan entertainer. 

Park Narae mendapat penghargaan untuk kategori The Best Female Variety berkat popularitasnya di program I Live Alone pada tahun 2017. Lalu pada tahun lalu ia mendapat penghargaan Entertainer of the Year. Dan kini sudah datang waktunya ia untuk merebut penghargaan Daesang tahun ini.

Menurut hasil analisis baru-baru ini berdasarkan penilaian brand seorang entertainer pada bulan Desember, Yoo Jaesuk menduduki puncak teratas selama 6 bulan berturut-turut. Park Narae berada di urutan keempat setelah Yoo Jaesuk, Kang Hodong, dan Lee Kungkyu. Selain itu dalam hasil sebuah survei, Comedian and Entertainer of the Year 2019 oleh Gallup Korea pada bulan November lalu, Yoo Jaesuk menduduki urutan teratas selama 8 tahun dengan 47% suara. 

Dengan demikian, Yoo Jaesuk dan Park Narae menunjukkan eksistensi yang luar biasa besar dalam dunia hiburan khususnya variety show. Inilah sebabnya mengapa publik kini lebih memperhatikan mereka yang akan bersaing dalam MBC Entertainment Awards dalam merebutkan penghargaan Daesang.

Apakah Yoo Jaesuk akan meraih piala Daesang untuk pertama kalinya setelah 3 tahun? atau Park Narae yang kembali menggapai mimpinya yang sempat kandas tahun lalu dengan meraih piala Daesang untuk pertama kalinya? Saksikan hasilnya hanya di MBC Entertainment Awards 2019 pada tanggal 30 Desember mendatang!

Original article: http://tenasia.hankyung.com/archives/1876868 

Translations by: Ilham Ramadhan [email protected]    

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments