The Korea Music Copyright Association “Pertumbuhan Hak Cipta Luar Negeri Meningkat 140% Dibandingkan Tahun Lalu Berkat BLACKPINK & BTS”

1

By Ilham R.

Grup BTS dan Blackpink / Credit: Big Hit Entertainment dan YG Entertainment

The Korea Music Copyright Association mengatakan pihaknya mengumpulkan sekitar 11,3 miliar won dalam biaya hak cipta luar negeri hingga Agustus tahun ini, pertumbuhan  mencapai 140% dibandingkan tahun lalu.

Hari ini (03/09) pihak The Korea Music Copyright Association menjelaskan “Musik artis Korea seperti BTS dan Blackpink dicintai oleh orang-orang di seluruh dunia dan mereka akan tetap terus tampil di luar negeri. Sebagai hasil dari upaya kami untuk mengurangi penghilangan biaya hak cipta untuk K-Pop melalui sistem pemantauan penggunaan musik luar negeri yang ditingkatkan, kami menugaskan para profesional ke departemen.”

The Korea Music Copyright Association, organisasi kepercayaan hak cipta terbesar di Korea dan mengelola hak cipta untuk lebih dari 32.000 pemegang hak cipta musik, mencatat total koleksi sebesar 203,7 miliar won pada tahun lalu.

Khususnya pada bulan Mei, The Korea Music Copyright Association terpilih sebagai anggota CISAC (Federasi Organisasi Manajemen Hak Cipta Konsumen), yang disebut Perserikatan Grup  Hak Cipta, dan memiliki pengaruh langsung pada tren hak cipta internasional bersama dengan 20 organisasi lainnya termasuk Perancis, Inggris dan Amerika Serikat.

Pimpinan The Korea Music Copyright Association Hong Jinyeong,  mengatakan “Orang-orang di dunia mendengarkan musik kita dan saya pikir hal ini memiliki arti yang besar dan membanggakan, semua ini memungkinkan karena para penulis lagu kita yang membuat lagu-lagu bagus secara maksimal dengan perannya masing-masing. Agar bisa menjaga hak cipta penulis dengan benar, asosiasi akan menjadwalkan pengumpulan biaya hak cipta lagu yang ada di luar negri. Tidak hanya itu saja, lagu luar negeri yang digunakan di dalam negeri juga akan dipelihara dengan baik, dan juga akan memperkuat perlindungan hak dan kepentingan penulis luar negeri” jelasnya.

Original article: http://tenasia.hankyung.com/archives/1803009

Translations by: Ilham Ramadhan [email protected]

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments