[TENmusic] Hip Hop Scene of The Month – Lil Cherry and JitoMo

4

By Ilham R.

Hip hop di Korea kini sedang dalam masa perkembangan. Sejak tahun 1980an, HipHop mengalami evolusi mulai dari masa stagnan hingga akhirnya mengalami kemajuan pesat, dari minoritas hingga kini akhirnya menjadi salah satu jenis musik yang paling disukai. Untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan kita tentang dunia hip hop khususnya di Korea, “Hip Hop Scene of The Month” adalah sebuah corner bulanan baru dari Tenasia Indonesia untuk memperkenalkan musik-musik yang tak kalah hebatnya dari KPOP yang sudah mainstream. Bulan ini fokus kita adalah musisi hip hop kakak beradik yang dikenal dengan nama “Lil Cherry dan JitoMo”

Rapper Kakak Beradik JitoMo dan Lil Cherry

WHO?

Lil Cherry dan JitoMo adalah salah satu grup rapper yang diperhitungkan sejak kemunculan mereka di Korean Hip Hop Scene. Mereka memiliki ciri khas warna dan gaya musik yang berbeda dari biasanya dan terlebih mereka memiliki konsep yang unik yaitu ‘hip hop kakak beradik’ yang mungkin jarang kita temui. Mereka yang dulunya menghabiskan masa sekolah di Miami, Amerika tidak begitu terampil menguasai Bahasa Korea dan merasa memiliki eksistensi seperti orang asing baik di Amerika maupun di Korea. Identitas yang unik dari mereka inilah yang melebur menjadi satu dalam musiknya. Kakak beradik Lil Cherry dan JitoMo jika di Amerika bisa dibilang seperti rapper Korea, tetapi jika di Korea merekalah yang menyampaikan pengaruh hiphop dari Miami ke Korea. 

Lil Cherry dan JitoMo

THE BRIEF INTERVIEW

  1. Apa alasan dibalik keputusan kalian untuk debut dan membuat musik bersama?

JitoMo : 2 tahun lalu secara kebetulan aku menyuruh adikku Lil Cherry untuk nge-rap pada beat yang aku berikan, dan aku terkejut saat mendengarnya. Rapnya lebih baik daripada 50 orang yang aku temui untuk proyek musikku, maka dari itu aku memutuskan untuk merilis musik bersamanya.

2. Apakah Lil Cherry sudah bisa rap mulai dari saat di bangku sekolah? 

Lil Cherry : Dari kecil aku hidup dengan kehidupan yang dekat dengan musik. Aku juga senang berada di atas panggung. Saat menjadi cheerleader aku juga menari sembari menyocokkan dengan musik dan aku juga mengambil kelas puisi. Pada saat SMA, aku juga tampil dengan membawakan salah satu puisi ‘Poetry Slam’ tanpa musik sambil berakting. Rap yang waktu itu aku tunjukkan kepada abangku juga adalah puisi yang aku cocokkan dengan ritme musik.  

3. Bagaimana kamu akhirnya memikirkan untuk memperkenalkan keindahan Korea di Amerika?

Lil Cherry : Setelah musik video ‘Motorola’ rilis, pertanyaan yang paling banyak ditanyakan adalah adegan pada saat di atap itu diambil dimana. Aku mengatakan itu diambil di Seoul dan secara tidak langsung aku mengatakan pesona dari Seoul itu sendiri. Oleh karena itu, aku selalu memikirkan bagaimana cara bisa memperlihatkan keindahan dan kecantikan Korea lewat musikku.Dalam musik video ‘ALL-YOU-CAN-EAT’ kalian juga melakukan gerakan dance.

4. Apakah itu kalian yang mengonsepnya?

JitoMo : Itu adalah sesuatu yang keluar dengan sendirinya saat kami melakukan syuting untuk musik video itu. Lil Cherry mencocokkan gerakan dengan lagunya dan aku pun otomatis juga ikut menari yang akhirnya terjadilah gerakan seperti itu. 

Lil Cherry : Lagu kami adalah lagu yang bisa mengekspresikan gerakan tarian dengan benar. Tetapi itu bukanlah gerakan yang sebelumnya direncanakan tetapi kami bermaksud untuk menarikannya dengan vibes yang pas dengan musik kami secara alami.

5. Sepertinya tidak akan ada pertikaian saat kalian sedang bermusik, karena kalian adalah kakak beradik.

JitoMo : Aku tidak pernah sama sekali berkelahi dengan Lil Cherry. Kata “Hey tolong buatkan aku ramyeon” juga tidak pernah keluar dari mulutku. Hahaha. Proses saat kami melakukan musik berdua sangat menyenangkan bagiku.

Lil Cherry : Aku ingin menunjukkan ‘team play’ kami. Ada banyak saat dimana kami mengobrol dan muncul seperti inspirasi dan sinergi untuk kami membuat lagu. Oleh karena itu kami ingin menyampaikan perasaan senang dan bahagia dalam musik kami. 

6. Apa rencana kalian kedepannya?

JitoMo : Aku ingin memperlihatkan sesuatu dari kami berdua. Kami belum pernah mendapatkan penghargaan artis pendatang baru, kami ingin mendapatkan itu saat acara penghargaan musik dan tampil di atas panggung. Aku juga ingin mendapatkan urutan 1 di Melon chart. Kami memiliki rencana untuk melakukan aktifitas dan promosi di Amerika dan berharap agar lagu kami bisa masuk dalam Billboard. 

Cover Single ALL-YOU-CAN-EAT

Bulan lalu, Rapper kakak beradik ini merilis single mereka yang berjudul ‘ALL-YOU-CAN-EAT.’ Dalam lirik lagu ini mereka banyak mengutip kalimat-kalimat yang sering terlihat dalam restoran buffet Cina murah yang umum di Miami.

Subscribe
Notify of
guest
4 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments