[TEN Issue] Lay, Kyulkyung, Lai Guan Lin, “What a shame for Hong Kong”… Dukungan idol Tiongkok terhadap polisi Hong Kong

228

by Yuri

Exo Lay posted on SNS on August 14th ‘I Support Hong Kong Police’ image / SNS capture

Melihat protes Hong Kong yang semakin memanas baru-baru ini, para idol dari wilayah Mainland China secara terbuka menyatakan dukungan mereka kepada Tiongkok melalui SNS. “Saya juga mendukung polisi Hong Kong. ‘What a shame for Hong Kong” tulis mereka.

Terhadap protes warga Hong Kong dan mendukung tindakan dari polisi Hongkong, para idol termasuk Exo Lay, Pristin Kyulkyung, Wanna One Lai Guan Lin, f(x) Victoria, WJSN Mei Qi, Cheng Xiao dan Xuan Yi, Seventeen The8 dan Jun, Pentagon Yanan dan lain lain angkat bicara melalui media sosial pribadi mereka.

Chinese idols declare their support for Hong Kong police. From the top right, clockwise, Kyulkyung, Jackson, Lay, Victoria, Lai Guan Lin.

Kebanyakan dari idol-idol ini berasal dari China, tetapi ada juga yang dari Hong Kong seperti Got7 Jackson. Banyak idol China telah menyatakan dukungan mereka dengan postingan melalui SNS bahkan ketika masalah dengan Tiongkok seperti sengketa wilayah yang terjadi di masa lalu. Namun, kontroversi mengenai apakah benar untuk mendukung kerusakan yang baru-baru ini yang disebabkan oleh penindasan pasukan polisi Hong Kong masih terus diperdebatkan.

Saat ini, Hong Kong sedang memprotes secara besar-besaran Rancangan Undang-Undang (RUU) Ekstradisi yang diajukan Hong Kong kepada China. Warga Hong Kong sangat menentang penggunaan RUU yang mengusulkan perubahan perjanjian ekstradisi berupa diperbolehkannya penjahat yang tertangkap di Hong Kong untuk diekstradisi ke China.

Protes terhadap RUU Ekstradisi, yang dimulai pada bulan Maret, telah berkembang menjadi protes yang melibatkan lebih dari 1 juta warga Hong Kong. Isu semakin memanas terlebih setelah tertembaknya mata salah seorang wanita yang berpartisipasi dalam protes anti-ekstradisi pada tanggal 11 Agustus kemarin. Situasi semakin memburuk, dengan Presiden AS Donald Trump yang ikut angkat bicara di Twitter dan mengatakan, “Our Intelligence has informed us that the Chinese Government is moving troops to the Border with Hong Kong. Everyone should be calm and safe!”.

Netizen Korea diingatkan akan kejadian Tiananmen di Tiongkok dan berdoa untuk keselamatan warga Hong Kong. Ada banyak pula yang teringat akan gerakan demokrasi Korea dulu. Tetapi kontroversi berkembang ketika idol-idol dari Tiongkok mengkritik para demonstran Hong Kong dan mendukung pemerintah Tiongkok.

Netizen Korea berkomentar di media sosial dan komunitas online bahwa idol-idol tersebut telah melewati batas untuk mendukung protes penindasan kekerasan ini. Namun, beberapa berpendapat bahwa “karena mereka berasalah dari China, kita juga harus memahami jalan pikiran mereka.”

Artikel asli = http://tenasia.hankyung.com/archives/1789396

Subscribe
Notify of
guest
228 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments