Speed Dating, Cara CoHive dan GK-PnP Percepatan Perkembangan Startup

534

by Yuri H.

CoHive dan GK-Plug and Play Indonesia menggelar ‘Cohive X GK-PnP Speed Dating & Talk Show’ pada Kamis (19/9) di CoHive 101, Area Mega Kuningan, Jakarta. 

Kegiatan speed dating antara startup dan investor / credit = CoHive

Kegiatan speed dating yang telah diadakan dua kali ini bertujuan memfasilitasi startup digital di bawah binaan GK-Plug and Play Indonesia dan CoHive untuk bertemu dengan para investor dan melakukan pitching konsep bisnis untuk memperoleh kesempatan pendanaan.  Acara speed dating kali ini mengumpulkan sekitar 85 startup local dan internasional, serta 29 investor dari Venture Capitalist (VC) dan korporasi. 

Speed dating ini memiliki aturan dimana setiap peserta diberi waktu 15 menit untuk meyakinkan satu investor mengenai ide bisnis mereka. Setelah itu, mereka beralih ke investor berikutnya untuk melakukan hal serupa, namun hanya startup terpilih yang dapat melakukan pitching ke lebih dari satu investor. Panitia telah terlebih dahulu melakukan proses kurasi startup berdasarkan aspek kebutuhan pendanaan, model bisnis, teknologi atau produk yang ditawarkan. Proses pre-matchmaking ini dilakukan untuk meningkatkan efektivitas dari speed dating dan memastikan kesesuaian antara para investor dengan startup yang berpartisipasi.

Peserta diberi waktu 15 menit untuk pitching ide mereka / credit = CoHive

CEO dan Co-Founder CoHive, Jason Lee, menyebutkan bahwa kegiatan ini sejalan dengan komitmen CoHive. Sebagai perusahaan penyedia coworking space terbesar yang memiliki sekitar 9.000 member dari 900 perusahaan, CoHive tidak hanya ingin memberikan fasilitas kantor yang nyaman, melainkan juga mengadakan acara-acara yang mendukung pertumbuhan startup. “Jumlah peserta yang hadir dalam acara ini bertambah dua kali lipat dibandingkan speed dating Maret lalu. Angka ini menunjukkan betapa besarnya antusiasme dan minat startup dan dunia investasi terhadap kegiatan ini,” jelas Jason.

Sesi talkshow di sela speed dating / credit = CoHive

Sementara itu, Plug and Play, organisasi akselerator startup asal Silicon Valley, yang diundang oleh Presiden Joko Widodo untuk membangun ekosistem startup di Indonesia melihat potensi bekerjasama dengan CoHive. “Sejak awal kami ingin berkolaborasi dengan CoHive karena mereka adalah coworking space yang memiliki komunitas startup terbanyak. Dengan demikian, upaya menggapai komunitas startup akan lebih efektif. Kami dapat melihatnya dari peningkatan jumlah peserta yang signifikan pada acara kedua i9ni. Kami berharap speed dating kedua ini akan memberikan dampak yang lebih besar untuk komunitas startup,” jelas Aaron Nio, Direktur Akselerasi, GK-Plug and Play Indonesia. 

GK-Plug and Play Indonesia telah menunjukkan prestasinya dalam mempercepat pertumbuhan startup. Sejak Februari 2016, GK-PnP telah mengakselerasi lebih dari 50 perusahaan startup, mempertemukan mereka dengan perusahaan-perusahaan besar. Acara ini diharapkan juga dapat menjawab masalah utama yang dihadapi perusahaan  startup yaitu sulitnya mendapatkan akses pendanaan dan mentoring. Melalui acara ini, ekosistem startup diharapkan dapat berkembang sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia. 

Yuri H. (editor) [email protected]


Subscribe
Notify of
guest
534 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments