Segala Hal Tentang ‘Itaewon Class’ Menurut Penulis Jo Gwang Jin

1

By Suci A.

Itaewon Class / JTBC

Drama terbaru JTBC Itaewon Class menjadi salah satu drama yang paling ditunggu-tunggu pemirsa.

Drama ini merupakan adaptasi dari webtoon populer Daum dengan judul yang sama, yang mengisahkan tentang kumpulan anak muda dengan watak keras kepala yang hidup di dunia yang irasional. Drama ini merupakan karya dari sutradara Kim Sung Yoon dan penulis Jo Gwang Jin. Beberapa pemain yang akan bermain dalam drama ini adalah Park Seo Joon, Kim Dami, Yoo Jae Myung dan Kwon Nara.

Alasan mengapa drama ini menjadi salah satu drama yang dinantikan adalah karena penulis webtoon Jo Gwang Jin turut berpartisipasi langsung dalam menulis naskah drama. Ia memperluas karakter dan memperkuat struktur cerita. Tidak hanya itu, para pembaca webtoon pun tidak sabar untuk menantikan naskah yang dibuatnya. Sehubungan dengan penayangan drama yang bisa dihitung hari, penulis Jo Gwang Jin menjawab segala hal yang ingin diketahui oleh pemirsa tentang drama ini.

Sutradara Kim mengatakan, “Ketika pertama kali melihat karya aslinya, aku terpesona dengan karakter tokoh yang kuat, krisis yang jelas dan pengembangan cerita yang sangat cepat. Ini seperti salah satu bagian dari drama.” Ternyata, sutradara Kim sendiri yang menawarkan penulis Jo Gwang Jin untuk menuliskan naskah dramanya.

Ketika ditanya tentang naskah drama yang ditulisnya, penulis Jo menjawab, “Sutradara langsung menghubungi dan menemuiku. Sebagai penulis webtoon aslinya, aku berharap drama ini akan sukses, sehingga aku ingin naskahnya ditulis oleh sang ahli penulis naskah drama.” Setelah berbincang dengan sutradara, akhirnya penulis Jo mulai berubah pikiran. “Bagaimanapun, aku adalah orang yang paling paham tentang karakter masing-masing tokoh. Aku pikir segala kekurangan yang ada dalam webtoon bisa diperbaiki melalui drama ini.”

Bagi penulis Jo, menulis naskah drama merupakan sebuah tantangan untuknya. “Seorang kartunis akan menyelesaikan karya setiap minggu dengan menulis, membuat cerita dan melukis. Asalkan berani meneruskan cerita, kupikir menulis webtoon adalah hal yang mudah. Aku mendengarkan pendapat dari sutradara, aktor dan staf untuk melengkapi cerita dan melakukan yang terbaik untuk membuat karya yang lebih baik,” ujarnya.

Itaewon Class / JTBC

Webtoon Itaewon Class adalah sebuah karya yang telah diminati hingga banyak permintaan untuk dibuatkan dramanya. Selain itu, ketika penulis Jo juga menulis naskah dramanya, pembaca  juga ingin tahu tentang perbedaan antara webtoon dan drama. Tetapi apa yang ditekankan oleh penulis Jo adalah ‘pelengkap’. “Aku sangat fokus pada pelengkap cerita dan memperkuat karakter setiap tokoh. Meskipun ada cerita yang berbeda dari aslinya, tetapi aku sangat mementingkan bagaimana cara untuk melengkapi ceritanya. Ada beberapa cerita yang belum bisa diungkapkan melalui webtoon. Karena itu, semoga pembaca webtoon dapat melihat karakter yang lebih dalam dan chemistry yang kuat antar karakter melalui drama.”

Ketika ditanya tentang perasaannya setelah menciptakan warna dan pesona baru dari setiap karakter, penulis Jo menjawab,”Sebelum menulis naskah, aku melihat ‘image’ setiap karakter. Setelah mendapat tanggung jawab untuk menulis drama, aku kemudian fokus pada ‘perasaan’. Aku merasa terhormat dan berterima kasih kepada semua pemain drama. Khususnya kepada Park Seo Joon yang berperan sebagai Park Sae Roy. Aku bisa melihat bagaimana dia menunjukkan karakter seorang Park Sae Roy yang hangat dan jujur.”

Penulis Jo memilih ‘karakter’ sebagai poin tontonan terbaik, di mana pemirsa akan menemukan karakter yang tidak pernah dilihat sebelumnya di kehidupan nyata. Selain itu, pemirsa akan merasakan cerita yang lebih segar dan penuh fantasi, sesuai yang diharapkan generasi sekarang. 

Sementara itu, drama Itaewon Class dapat disaksikan mulai 31 Januari pukul 10.50 p.m. KST.

Original article : http://tenasia.hankyung.com/archives/1905020 

Translation by : Suci A. [email protected]

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments