Masih Dapatkah Kita Melihat Kelanjutan dari Series “Produce”?

4

by Aisya

Poster Produce X 101 / credit = Mnet

Entah apakah kita masih bisa kembali melihat kelanjutan dari series Produce. Pihak kepolisian telah melakukan investigasi di kantor tim produksi yang berada di CJENM, dan pada 1 Agustus diperkirakan laporan dan tuduhan masih terus berlanjut. Dengan beredarnya kontroversi dugaan manipulasi hasil program Produce X 101, Divisi Investigasi Cyber Seoul Metropolitan Police Agency telah memutuskan untuk mengirim seorang penyidik ke kantor tim produksi untuk mengamankan dokumen. Disampaikan bahwa data hasil polling voting juga termasuk dalam investigasi. Pihak kepolisian mengatakan, “Berdasarkan data yang kami sita, kami akan memeriksa hasil pemungutan suara yang sebenarnya dan apakah hasil tersebut dimanipulasi atau tidak.”

Hasil investigasi kepolisian pada acara Produce X 101 yang berakhir pada tanggal 19 Juli ini mendapat perhatian yang besar dari publik. 

Kecurigaan itu muncul karena hasil voting pada episode terakhir Produce X 101 untuk memilih anggota yang akan debut sebagai boy group ‘X1’. Pemirsa yang mengikuti acara itu curiga bahwa tim produksi telah memanipulasi hasil voting dengan beberapa alasan seperti perbedaan hasil voting beberapa peserta, pengaturan hasil voting dalam jumlah tertentu, mengeliminasi peserta yang mempertahankan posisi teratas yang memiliki peluang untuk debut, dan masih banyak lagi. Setelah lima hari menunda pengumuman hasil voting, Mnet mengumumkan posisi resminya dan berkata, “Setelah menghitung hasil voting, pada tiap peserta hasil peringkat akhir diakumulasi dengan berbagai metode penghitungan suara. Dalam proses perhitungan peringkat ulang, kru mengumpulkan suara. Pada proses yang diperiksa berulang kali, kru produksi membulatkan suara dengan angka desimal dan jumlah suara yang diakumulasi yang menjadi hasil voting dikirimkan ke situs siaran langsung.” Mereka juga mengakui bahwa ada kesalahan dalam proses perhitungan dan pemberian jumlah suara. Lalu mereka melanjutkan, “Tidak ada perubahan pada peringkat akhir.”

Dengan jawaban itu, menjelaskan bahwa kecurigaan itu tidak diselesaikan sama sekali. Karena hal tersebut, meski pemirsa meminta dokumen asli untuk dipublikasikan, pihak Mnet menolak untuk melakukannya. Pada akhirnya, Mnet memiliki batasan sendiri terhadap penyelidikan dan pada 26 Agustus lalu meminta polisi untuk melakukan investigasi dan bahkan sudah sampai ke tahap penyitaan.

Meski belum ada dua minggu acara Produce X 101 berakhir, dengan adanya kasus ini, kepercayaan pemirsa kepada Mnet menghilang. Dukungan dari para penggemar mulai dari Produce 101 season 1, Produce 101 season 2, Produce 48, sampai yang terakhir Produce X 101 seketika pudar. 

Serial “Produce” menarik perhatian karena pemirsa dapat memilih langsung idolanya, bahkan pemirsa sampai mendapat julukan “Produser Nasional”. Meskipun program ini memiliki kontroversi tentang ‘menjual’ peserta trainee dan mendapat kritik terhadap evil editing mereka, perjuangan 101 peserta trainee yang berusaha mencapai impiannya sebagai seorang penyanyi mengguncang hati para penggemar. Group yang terlahir dari ajang ini adalah I.O.I, Wanna One, serta IZ*ONE. Tetapi ketika kontroversi tentang manipulasi hasil voting menyeruak, group keempat, X1 bahkan belum sempat tampil di publik. 

Fakta bahwa Produce X 101 dicurigai memanipulasi hasil voting adalah pukulan besar bagi Mnet yang disebut sebagai saluran tv yang selalu sukses dalam membuat acara survival. Bahkan penggemar menjadi meragukan hasil voting dari ajang-ajang sebelumnya. Hanya butuh waktu kurang dari seminggu untuk Mnet dicap sebagai “penipu” pada program yang menumbuhkan mimpi dan harapan itu. Untuk membersihkan namanya, Mnet harus menghapus kecurigaan dan bekerja keras untuk memperbaiki imagenya. Dalam keadaan seperti ini, sepertinya sulit untuk program series dari ‘Produce’ lainnya hadir kembali.  

Subscribe
Notify of
guest
4 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments