Enak dan Menyehatkan, Ini Dia Awal Mula Makanan Kimchi

1

Pasti hampir semua orang tidak asing dengan Kimchi, makanan tradisional Korea yang sangat terkenal. Baunya yang tajam dan rasanya yang khas membuat Kimchi cocok di lidah semua orang namun Kimchi ternyata mengandung khasiat yang dahsyat loh untuk kesehatan tubuh manusia. Nah, kira-kira awal mula Kimchi diciptakan bagaimana ya ceritanya..? Yuk kita bahas bersama! 

Kimchi, dapat didefinisikan sebagai sayuran yang difermentasikan dan dibumbui dengan bumbu khas. Pada awal munculnya Kimchi, menurut sejarah pada 3000 tahun yang lalu Kimchi merupakan sebuah timun yang dipotong-potong dan difermentasikan kemudian kimchi terus dikembangkan hingga sekarang, Kimchi dikenal dengan menggunakan sayuran kubis. 

Proses Pembuatan Kimchi Menggunakan Toples Tembikar Tradisional – Pinterest

Awalnya, untuk mengawetkan makanan agar tidak basi, terutama selama musim dingin, nenek moyang Korea menemukan metode fermentasi. Mereka menyimpan sayuran untuk musim dingin ketika sayuran sulit ditemui. Pada zaman dahulu, Kimchi dicelupkan kedalam garam di dalam toples tembikar, kemudian dikubur di bawah tanah untuk melangsungkan proses fermentasi. Kimchi sangat diminati karena dianggap dapat memenuhi kebutuhan vitamin. 

Kini Kimchi menjadi asupan vitamin untuk melengkapi gaya hidup orang Korea. Kimchi mengandung serat yang tinggi dan kalori yang rendah, bahkan kandungan vitamin C pada satu porsi Kimchi dapat mencukupi kebutuhan vitamin C harian manusia. 

Bawang bombay, bawang putih, jahe dan cabagi adalah bahan utama Kimchi yang kaya akan anti oksidan, vitamin dan serat yang akan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Yuk kita mulai rajin makan Kimchi agar kesehatan kita terus terjaga… 

http://www.newshyu.com/news/articleView.html?idxno=32343

Subscribe
Notify of
guest
1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Yuyun Andriadi
Yuyun Andriadi
12 days ago

Kalau di Indonesia , kira kira mirip dengan Cuka Pempek Palembang yang bahan bakunya : Bawang Putih, Cabe rawit, gula aren. Fermentasi juga.dan bagus buat anti virus.